4 Pasien yang Harus Menjalani Total Knee Replacement

Deysot – Lutut merupakan bagian sendi yang penting untuk menggerakkan kaki dalam melakukan berbagai aktivitas. Ketika terjadi luka di bagian lutut akan mengganggu aktivitas, terlebih jika terjadi kerusakan akan berakibat fatal. Hal ini membuat Anda harus melakukan operasi. Sebelum mencari tahu biaya operasi TKR, ketahui terlebih dahulu 4 pasien yang harus menjalani operasi.

1. Osteoarthritis Tingkat Lanjut

Pasien pertama yang harus melakukan operasi lutut adalah penderita osteoarthritis tingkat lanjut. Sebuah penyakit pada bagian sendi yang disebabkan karena kerusakan pada tulang rawan di antara sendi dan tulang. Anda yang mengalami penyakit ini akan merasa kaku pada bagian lutut dan terasa nyeri secara berkelanjutan dan tidak hilang-hilang.

Jika tidak segera dilakukan operasi maka akan terjadi pembengkakan pada bagian sendi lutut, lalu akan semakin parah dengan penurunan daya gerak. Seiring waktu Anda akan kehilangan massa otot sehingga kemampuan bergerak menjadi terbatas dan akan mengalami nyeri kronis. Penting untuk Anda melakukan pemeriksaan agar kondisi lutut tidak semakin parah.

2. Rheumatoid Arthritis Progresif

Ketika telah mengalami penyakit rheumatoid arthritis progresif, maka Anda harus segera menyiapkan biaya operasi TKR sebesar puluhan juta. Operasi total knee replacement merupakan tindakan yang paling tepat untuk mengatasi penyakit lutut ini. Penyakit ini dapat diderita oleh orang tua dan juga muda. Gejala penyakit akan terjadi secara mendadak dan kronis.

Peradangan akan dinyatakan aktif ketika menjalani tes darah dan cairan sendi. Ketika dilakukan pemeriksaan dengan tes sinar-X maka Anda akan dinyatakan menderita kerusakan sendi ekstensif. Tingkat antibodi sitrulin juga akan dinyatakan dalam kondisi yang tinggi.

3. Kelainan Bentuk Valus dan Valgus

Kondisi penyakit lutut berikutnya yang perlu dilakukan tindakan total knee replacement adalah kelainan bentuk valus dan valgus. Kelainan ini akan bisa sembuh dengan penanganan yang terbaik dalam operasi. Anda tinggal mencari dokter spesialis tulang terbaik untuk melakukan konsultasi dan pembedahan.

4. Traumatis Sendi atau Tulang

Tindakan operasi juga perlu dilakukan pada pasien yang menderita traumatis sendi atau tulang. Ada banyak penyebab terjadinya cedera traumatis yaitu terjatuh atau terkilir dan kecelakaan saat beraktivitas. Gejala dari penyakit ini yaitu Anda akan mengalami pembengkakan, nyeri, memar yang besar, kebas, tulang mencuat keluar kulit.

Anda juga akan mengalami gejala yang parah yaitu tidak mampu menggerakkan bagian tertentu dari lutut. Penyakit ini tidak hanya terjadi pada usia tua tetapi lebih sering terjadi pada usia muda karena aktivitas yang dilakukannya. Tindakan bedah sangat diutamakan dalam kondisi yang semakin parah.

Total knee replacement merupakan salah satu tindakan dalam mengatasi permasalahan pada bagian lutut. Tindakan ini akan dilakukan sesuai dengan arahan dari dokter spesialis tulang setelah melakukan konsultasi. Anda tinggal mencari dokter terpercaya dengan kualitas dan pengalaman yang baik dalam menangani pasien yang menderita kerusakan pada bagian lutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *