5 Cara Cerdas Memilih Perumahan Elit Bandung

Deysot – Kebutuhan akan hunian semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Terutama untuk negara berkembang sekelas Indonesia. Meski angka kelahiran bisa sedikit ditekan dengan adanya program KB, namun urbanisasi dan perpindahan penduduk dari desa ke kota yang kian melonjak tiap tahunnya membuat kemunculan pemukiman baru tidak terelakkan lagi.

Adapun tempat tinggal yang dibangun di era millenium seperti sekarang ini sudah mengalami banyak akulturasi. Artinya, jika jaman dahulu rumah identik dengan ciri dari adat dan asal yang masih menonjol, maka hunian modern umumnya mengusung konsep sederhana tanpa mengesampingkan fungsinya dan bercampur dengan kebudayaan barat. perumahan elit Bandung misalnya.

Terletak di kawasan metropolitan dimana pembangunan dari segala bidang makin gencar dilakukan, Bandung yang menyimpan eksotika tersendiri juga menawarkan Anda hunian yang aman dan nyaman untuk ditempati. Adapun segudang keuntungan yang bisa Anda dapatkan begitu memutuskan untuk membeli rumah di kompleks mewah ini ialah akses yang mudah tatkala Anda memerlukan sesuatu.

Perumahan elit Bandung yang terdiri dari aneka macam spesifikasi dengan developer yang berbeda harusnya menjadikan anda untuk lebih jeli dan selektif. Mengapa? hal ini sangat penting untuk menghindari kekecewaan atau kerugian. Anda tentu tidak ingin bukan jika sudah mengeluarkan banyak uang namun hasilnya tidak sesuai harapan?

Nah, bagi Anda yang berencana untuk mencari perumahan elit Bandung idaman, berikut beberapa tips simpel yang bisa Anda jadikan panduan.

1. Mengumpulkan informasi

Jejaring internet yang sudah meluas sebaiknya anda manfaatkan dengan baik. Caranya, kumpulkan pengetahuan sedetail mungkin berkaitan dengan tipe serta model rumah seperti apa yang menjadi keinginan Anda.

Ini tentu sangat mudah Anda lakukan tanpa harus mengerahkan biaya, tenaga, dan waktu berlebih. Akseslah portal atau sejumlah situs jual beli rumah yang terpercaya. jika anda menemukan ada hunian yang cocok, maka jangan sungkan untuk mengkomunikasikannya dengan bagian marketing. Biasanya mereka akan meninggalkan contact person yang bisa dihubungi sewaktu-waktu.

Terobosan lain yang bisa Anda jajal adalah mencari brosur yang disebarkan. Ketika pengembang melakukan promosi, brosur ini akan dicetak dan diedarkan.

2. Survei lapangan

Apa jadinya jika sudah mantap namun tidak dibarengi dengan pengamatan secara real. Tentulah Anda rugi besar. Tidak semua gambar yang terpampang dibrosur atau postingan itu sesuai dengan bentuk aslinya. Mintalah bagian pemasaran untuk mengantar Anda ke lokasi. Dari situ Anda bisa berkeliling kompleks dan mengobrol santai dengan topik seputar perumahan elit Bandung.

Jangan sungkan juga untuk mewawancarai satpam atau tetangga sekitar.

Saat Anda melancarkan survei, berikut beberapa hal yang mesti anda perhatikan:

a. Taman

Taman yang lokasinya berdekatan dengan rumah Anda memungkinkan anda untuk membangun hubungan interaksi sosial yang baik dengan tetangga sekitar. Anda pun bisa mengajak anak-anak Anda bermain atau berjalan di sore hari.

b. Posisi rumah

Penempatan tempat tinggal atau posisinya ini juga berimbas pada tarif yang dipasang. Rumah yang ada di pojokan dengan yang lokasinya di tengah tentu beda. Hunian dengan hook atau pojokan ini lebih digemari lantaran Anda bisa memperluas rumah dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga Anda tak perlu risau bila Anda berniat melakukan renovasi perumahan elit Bandung yang Anda beli.

c. Keamanan

Pastikan perumahan elit Bandung yang Anda dambakan dilengkapi dengan CCTV yang masih berfungsi serta security. Ini sangat penting untuk menjaga rumah Anda apabila ditinggalkan selama berhari-hari untuk mudik atau libur panjang.

3. Status rumah

Developer akan menyuguhkan dua jenis perumahan. Pertama merupakan rumah siap huni, dimana Anda sudah diperbolehkan untuk menempati selepas pembayaran dilunasi atau kredit yang Anda layangkan sudah disetujui oleh pihak bank. Berbeda dengan model inden (pembelian barang dengan cara memesan atau membayar dahulu). Anda hanya bisa memilih dari site map kemudian menunggu 8 hingga 2 tahun sampai proses pembangunan perumahan elit Bandung rampung.

4. Harga Rumah

Guna menghindari salah pemahaman, Anda bisa membicarakan masalah harga sampai benar-benar clear kepada pengembang. Adapun pokok bahasan yang dibahas bisa meliputi apakah harga rumah Bandung selatan sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan, serta KPR.

Anda bisa melakukan negosiasi apabila pengembang tidak menjanjikan biaya tadi. Telusuri bagaimana kinerja pengembang properti yang Anda incar dengan pihak bank dalam hal kepengurusan kredit atau fasilitas yang diberikan kepada anda selaku calon pemilik perumahan elit Bandung.

5. Garansi kerusakan

Kriteria bahwa hunian yang akan Anda beli merupakan tempat tinggal yang tepat ialah adanya jaminan atau garansi apabila terjadi kerusakan. Berbekal jangka waktu 3 bulan setelah serah terima, Anda masih bisa memperbaiki rumah tanpa merogoh kocek sepeser pun. Anda bisa menggunakannya untuk merenovasi atap yang bocor, dinding retak, atau kerusakan lain yang mengganggu kenyamanan Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *