Inilah Daftar Peralatan Panjat Tebing Secara Umum yang Harus Ada

Deysot – Aktivitas outdoor memang tak pernah sepi peminat, terlebih di dunia yang serba modern dan semuanya harus diabadikan seperti saat ini. Bahkan para penggemarnya memang kian lama kian banyak saja di luar sana. Biasanya untuk aktivitas outdoor memang cukup beresiko sehingga peralatan yang harus dibawa pun cukup banyak. Beberapa aktivitas outdoor yang kerapkali dilakukan mulai dari panjat tebing, mendaki gunung dan masih banyak lagi. Untuk aktivitas panjat tebing, peralatan panjat tebing yang harus dibawa memang cukup banyak dan khusus.

Panjat tebing termasuk aktivitas yang sangat ekstrim karena memang resikonya bisa mengancam nyawa. Itulah mengapa keselamatan dalam aktivitas panjat tebing wajib diutamakan. Untuk bisa memastikan keselamatan, maka ada baiknya jika Anda tahu apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dalam aktivitas panjat tebing ini, seperti:

peralatan panjat tebing

1. Climbing shoes

Peran sepatu pendakian menjadi hal yang penting dalam panjat tebing. Alasannya karena sepatu pendaki ini berbeda dengan sepatu biasa dimana memiliki bagian karet sedikit lengket di dasar sepatunya sehingga bisa memberi kenyamanan saat nantinya Anda mendaki. Sepatu yang diberikan teknologi agak lengket ini sebetulnya merupakan penemuan yang cukup fenomenal karena mampu menghindarkan dari gesekan di area yang cenderung sulit. Selain itu, dibanding dengan sepatu lainnya, sepatu khusus mendaki ini juga memiliki daya tahan yang lebih.

2. Karabiner

Karabiner merupakan alat panjat tebing yang berfungsi untuk bisa kaitkan tali ke bagian hanger, tali ke bagian tali hingga tali ke harness dan masih banyak lagi. Karabiner ini dalam panjat tebing biasa dipakai menganyam tali ketika proses panjat tebing. Material yang biasa dijadikan bahan pembuatan karabiner misalnya metal.

3. Kapur

Peralatan panjat tebing selanjutnya adalah kapur. Mungkin banyak yang heran mengapa panjat tebing harus menggunakan kapur. Kapur yang dipakai tentunya berbeda dari kapur tulis melainkan sama dengan kapur untuk olahraga senam dimana terbuat dari magnesium karbon sehingga bisa membantu memudahkan ketika menggenggam tebing dan juga menghindarkan pendaki dari adanya gesekan. Beberapa pendaki pun banyak yang tak menggunakan kapur ini karena alasan tertentu.

4. Harness

Harness adalah pakaian khusus pendaki dimana meliputi seluruh tubuh. Harness ini memegang peranan penting dalam peralatan untuk panjat tebing. Fungsinya sendiri adalah untuk melekatkan tali serta keperluan lainnya.

5. Belay

Belay adalah alat agar pendaki dapat mengontrol gerakan tali di tubuhnya. Ketika pendaki kehilangan kontrol di tali, maka belay akan bisa jadi penyelamatnya. Belay kebanyakan terbuat dari bahan alumunium dan kemudian dilekatkan ke bagian karabiner pada harness. Mengingat fungsinya yang begitu penting, maka belay ini wajib ada.

6. Tali

Tali seolah menjadi garis penyambung antara hidup dan matinya para pelaku panjat tebing. Tiap tali pendakian umumnya berbahan serat organis sehingga bisa meregang di tekanan tinggi. Untuk tali daki yang modern biasanya memakai bahan berupa poliner sehingga bisa jadi serat tipis.

Itulah beberapa peralatan panjat tebing secara umum yang harus Anda miliki. Jika butuh peralatan untuk panjat tebing, kini mudah saja karena bisa langsung dipesan lewat situs belanja online. Tentunya adanya semua peralatan untuk panjat tebing tersebut berfungsi demi keamanan Anda sendiri sehingga ada baiknya semuanya harus dilengkapi agar keamanan bisa dipastikan mengingat olahraga yang satu ini sangat ekstrim dan bisa jadi nyawa taruhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *