Mau Buat Kartu Kredit? Pilih yang Sesuai Kepribadianmu, Yuk!

Deysot – Memilih kartu kredit yang tepat bisa diibaratkan sama halnya dengan memilih pasangan hidup: gampang-gampang susah. Supaya tepat, harus diseleksi terlebih dahulu dan juga  disesuaikan dengan kepribadian supaya bisa lebih mendatangkan banyak manfaat.

Dengan kartu yang tepat, kebiasaan finansialmu juga akan terbentuk menjadi lebih stabil, sehat, dan bisa berhemat uang lebih banyak. Meski secara garis besar produk kartu kredit punya poin yang sama, yaitu meliputi suku bunga, reward, dan program cashback, namun, beda tipe, beda juga manfaat dan keuntungannya.

Untuk itulah, penting sifatnya untuk mengenali kebiasaan dan tipe kepribadianmu dalam mengalokasikan dana sebelum apply. Ada orang yang lebih sering menghabiskan uang untuk jalan-jalan, ada yang untuk kebutuhan rumah tangga, ada juga yang lebih sering memakai uang untuk belanja online. Kalau kamu, dari 5 tipe kepribadian berikut, termasuk yang mana, nih?

Si First Jobber

Baru dapat pekerjaan pertama dengan kisaran gaji standar fresh graduate? Maka, kamu adalah si first jobber! Sekarang ini, kamu mungkin sudah mulai memikirkan untuk apply kartu sakti ini. Baik untuk mulai membangun skor kredit hingga untuk memudahkan dalam berbagai transaksi. Kamu bisa memilih kartu dengan empat poin kriteria berikut.

  • Apply-nya mudah dan cepat.
  • Persyaratan penghasilan tidak terlalu besar.
  • Bisa untuk program cicilan.
  • Suku bunga rendah dan minim biaya tambahan.

Dengan empat kriteria tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk daftar kredit online atau digital seperti yang ditawarkan https://www.kredivo.com. Plafon kredit nontunai yang ditawarkan Kredivo juga nggak kalah dengan kredit konvensional, yaitu maksimal Rp 20 juta untuk belanja online cicilan dengan tenor 3/6/12 bulan dan suku bunga paling rendah dibanding lembaga kredit lain: 2,95% per bulannya. Ada juga opsi kredit “Bayar dalam 30 hari” yang tanpa bunga alias 0% dengan plafon kredit maksimal hingga Rp 3 juta. Untuk cicilan, dengan Kredivo, kamu nggak perlu bayar dp, biaya bulanan, ataupun biaya tahunan.

Yang paling penting, persyaratan untuk daftarnya juga mudah dan cocok bagi first jobber. Penghasilan minimum untuk bisa daftar Kredivo adalah Rp 3 juta. Selain itu, kamu juga harus berusia minimum 18 tahun ke atas dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Denpasar, atau Medan. Semua proses pendaftarannya berbasis online melalui aplikasi Kredivo, kamu tingga submit semua foto dokumen yang dibutuhkan, lalu menunggu proses approval dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam.

Si Traveler

Sebagai traveler, kamu mungkin bisa berpergian ke tempat-tempat baru minimal 3 kali dalam satu tahun. Mulai dari destinasi dalam negeri hingga luar negeri. Supaya bisa memudahkan dalam booking tiket pesawat, hotel, dan akomodasi lainnya selama perjalanan, kamu pastinya memerlukan kartu kredit. Beberapa situs booking hotel yang populer seperti Booking.com atau Airbnb juga hanya memberlakukan metode pembayaran dengan kredit. Selain itu, kartu tersebut juga bisa digunakan untuk hal-hal darurat selama di luar negeri, misalnya saat kehabisan uang tunai.

Buat kamu si traveler, pastikan empat poin ini ada dalam kartumu sebelum memproses pengajuan ke bank.

  • Program Frequent Flyer.
  • Sistem miles dan travel poin rewards.
  • Akses untuk airport lounge.
  • Asuransi travel.

Dengan poin-poin tersebut, kamu akan lebih dimanjakan saat traveling. Semakin sering kamu traveling, maka akan semakin cepat juga poin dan miles di kartumu terakumulasi dan bisa ditukar dengan penerbangan atau penginapan gratis.

Si Penggila Belanja Online

Banyaknya promo yang ada di e-commerce atau merchant online emang sering bikin khilaf dan ketagihan! Mulai dari promo potongan langsung sampai promo khusus untuk kartu tertentu. Buat kamu yang nggak bisa melewatkan sehari pun tanpa mengecek situs e-commerce langganan, supaya belanja jadi lebih hemat, pastikan 4 poin ini ada dalam kartumu, ya:

  • Cicilan 0%.
  • Diskon cashback.
  • Suku bunga rendah.
  • Poin dan rewards.

Dengan adanya diskon cashback, hasrat belanjamu yang tinggi bisa terpuaskan tanpa harus membebani keuangan. Begitu juga dengan poin atau reward, sebaiknya pilih kartu yang loyal dalam memberi poin dengan jumlah transaksi yang tidak terlalu banyak. Misalnya 1 poin reward untuk setiap transaksi sejumlah Rp1.000.

Si Penggemar Hangout

Nggak hanya selalu keluar saat akhir pekan tiba, si penggemar hangout juga biasanya menyempatkan waktu untuk ngopi di kafe setelah pulang kerja sambil nyelesain pekerjaan. Kamu salah satunya? Jika ya, mari berhemat dengan memilih kartu yang bisa mendukung habitmu yang satu ini:

  • Diskon retail
  • Diskon untuk makan di kafe hingga nonton bioskop.
  • Cashback dan rewards.

Dibanding yang lainnya, kartu untuk lifestyle biasanya lebih banyak ditawarkan oleh bank. Promonya pun biasanya lebih variatif dan tersebar di banyak merchant mulai dari kuliner, fashion, nonton bioskop, karaoke, dan lain sebagainya.

Si Ibu Rumah Tangga

Mulai dari mengurus orang di rumah, mengatur aneka kebutuhan di rumah, hingga mengatur arus keuangan, menjadi seorang ibu rumah tangga tentunya tidaklah mudah. Nggak jarang, para ibu rumah tangga juga harus putar otak untuk mengakali bujet rumah tangga supaya cukup hingga akhir bulan. Agar lebih bisa berhemat dan mendapat banyak keuntungan, bagi kamu yang disibukkan dengan urusan rumah tangga, sebaiknya memilih kartu dengan lima kelebihan berikut ini.

  • Iuran bulanan atau tahunan yang rendah atau gratis di tahun pertama.
  • Diskon cashback.
  • Diskon khusus di supermarket.
  • Poin dan rewards.
  • Suku bunga rendah.

Dengan iuran dan suku bunga rendah, ditambah diskon cashback dan diskon khusus di supermarket langganan, kamu pasti akan lebih bahagia sebab bujet pengeluaran bulanan bisa lebih ditekan dan dana tersisa bisa ditabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *