Mengulas Tentang Peluang Bisnis Mainan Lego Untuk Edukasi Anak

Deysot – Dunia bermain adalah dunia anak-anak yang tak bisa dilepaskan dari keseharian mereka. Bagi anak dalam masa tumbuh kembang, bermain menjadi hal yang paling penting. Pada saat bermain, anak tak hanya menghibur dirinya sendiri, tetapi belajar mengenai banyak hal. Selama bermain pastinya kecerdasan serta kemampuan motorik anak mulai terasah. Lewat mainan lego murah meriah atau permainan edukatif lainnya, anak belajar mengolah emosi, ketangkasan, serta kemampuan mental mereka.

Hasil gambar untuk anak bermain lego

Orangtua harus jeli dan cermat memilih mainan untuk buah hati mereka. Pasalnya tak semua mainan edukatif mengandung nilai edukasi dan aman diamankan oleh anak-anak. YLKI sebagai yayasan yang menaungi hak konsumen mencatat bahwa masih banyak mainan anak yang tak aman beredar di pasaran. Penelitian di tahun 2012 tersebut menunjukkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilih bahan mainan yang cocok untuk anak usia tertentu.

Sulitnya menemukan mainan edukatif yang aman untuk buah hati bisa Anda lirik sebagai peluang bisnis menjanjikan. Usaha penyediaan mainan anak-anak jauh lebih menguntungkan dengan pesaing yang tak terlalu banyak. Bagi Anda yang berminat mencoba peluang usaha sejenis, sebaiknya sediakan beberapa mainan pendukung tumbuh kembang, seperti:

  • Lego

Mainan lego ataupun balok bisa Anda jadikan salah satu sarana belajar sembari bermain bagi anak. Bentuk berbeda dan bisa disusun membantu buah hati mengenal bentuk dengan cara menyenangkan. Balok dan lego bisa pula merangsang syaraf motorik anak serta keterampilan mereka. Permainan edukatif semacam ini tentu saja lebih banyak peminatnya dibanding mainan biasa yang sekedar menyenangkan tanpa ada sisi pembelajaran.

Hasil gambar untuk anak bermain lego

  • Puzzle

Kepingan puzzle membantu anak membentuk pola pikir lebih sistematis. Menyusun setiap kepingan sampai membentuk pola sempurna mengajarkan konsep penyelesaian masalah untuk buah hati Anda. Berbagai informasi diserap oleh buah hati tatkala bermain menyusun puzzle bersama Anda. Tak hanya itu, anak pun pastinya mengenal bentuk serta warna pada setiap kepingan yang membawa mereka memahami permainan secara sistematis.

Hasil gambar untuk anak bermain puzzle

  • Buku cerita

Menyediakan buku cerita dengan berbagai versi bahasa bisa menjadi pilihan menarik pula. Kebanyakan orangtua di masa modern mengharapkan buah hati mampu menguasai beberapa bahasa sekaligus. Meskipun demikian bahasa ibu tentu menjadi bahasa utama yang wajib dikuasai oleh anak. Lewat buku cerita, ibu akan lebih mudah mengajari anak mengenal bahasa serta wawasan secara mudah. Jalan cerita yang lucu dan bagus mampu menarik minat anak untuk ikut membaca. Buku cerita pun bisa membantu anak lebih banyak menangkap kosa kata baru dan membentuknya menjadi kalimat lengkap.

Gambar terkait

  • Flash card

Kartu bergambar bisa menjadi media terbaik mengenalkan kosa kata sederhana bagi anak-anak. Sudah banyak produsen flash card yang menyediakan versi kartu dari berbagai tingkatan. Mulai dari pengenalan hewan, tumbuhan sampai huruf dan angka. Flash card sendiri berfungsi menambah kosa kata anak di usia belia, layaknya buku bergambar. Hanya saja kartu jauh lebih sederhana dan mudah ditangkap, sebab disertai nama dan gambar benda di dalamnya. Kemampuan bahasa yang terasah sejak dini dengan penguasaan peribahasa yang banyak pun akan mempermudah buah hati berkomunikasi.

Gambar terkait

Dalam menjalankan usaha mainan edukatif, ada hal penting yang harus diketahui oleh para pebisnis. Salah satunya adalah menjaga kepercayaan dari para konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Pasalnya para konsumen memiliki ekspektasi tinggi akan produk tersebut, baik dari sisi keamanan dan pembelajarannya. Oleh karena itu, usahakan Anda memilih produk mainan lego atau mainan edukatif anak lainnya yang benar-benar terbuat dari bahan ramah anak serta kaya ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *