Syarat Hewan Qurban yang Diutamakan

Deysot – Syarat hewan qurban harus dipenuhi agar sah untuk dikurbankan menurut syariat agama. Ada beberapa persyaratan memang yang harus dipenuhi oleh hewan qurban yang akan anda pilih. Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih hewan qurban. Anda harus memperhatikan apakah hewan qurban tersebut sudah memenuhi kriteria atau belum.

Ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi oleh hewan qurban di antaranya adalah hewan ternak, tidak cacat, sudah genap usia tertentu, dimiliki dengan cara yang halal, dan lain sebagainya. Selain syarat-syarat utama, ada juga beberapa hal yang diutamakan untuk ada pada hewan qurban.

Diutamakan artinya, hewan qurban memang tidak diharuskan untuk memenuhi syarat tersebut. Namun, alangkah jauh lebih baik jika hewan qurban sesuai dengan syarat-syarat yang diutamakan ini. Kali ini kita akan membahas syarat-syarat apa saja yang membuat hewan qurban ini menjadi diutamakan untuk dikurbankan.

Syarat Hewan Qurban yang Menjadi Keutamaan

Berikut adalah beberapa syarat hewan qurban yang diutamakan :

1. Gemuk

Hewan qurban sangat diutamakan memiliki badan yang gemuk. Namun, saat ini menilai tubuh qurban yang gemuk juga harus berhati-hati. Kita sering mendengar istilah sapi gelonggongan dimana gemuknya sapi bukan karena makanan sehat yang ia dapat tapi karena terlalu banyak kemasukan air.

Jadi, sebelum membeli, pastikan bahwa hewan qurban yang akan anda pilih sudah melewati pemeriksaan medis. Lewat pemeriksaan medis ini anda bisa mengetahui apakah hewan qurban yang akan anda pilih memang gemuk karena sehat atau tidak.

2. Memiliki Banyak Daging

Hewan qurban diutamakan yang memiliki banyak daging. Mengapa harus memiliki banyak daging? Agar ketika disembelih daging yang dibagikan bisa menjangkau banyak umat muslim yang membutuhkan. Dengan begitu maka akan semakin banyak umat muslim yang berbahagia.

3. Bentuknya Bagus dan Sempurna

Bentuk fisik hewan qurban juga harus sangat dipertimbangkan. Bentuk fisik hewan yang bagus dengan fisik yang sempurna sangat diutamakan. Pastikan anda memperhatikan setiap bagian tubuhnya seperti mata, bulu, telinga, dan lain sebagainya untuk memastikan fisik hewan memang bagus.

Jadi ketika memilih hewan qurban utamakan untuk memilih hewan qurban yang bentuknya bagus. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk ikut turun tangan sendiri memilih hewan yang akan dikurbankan sehingga bisa memilih hewan qurban yang terbaik.

4. Harganya Mahal

Harga hewan qurban memang beragam, namun hewan qurban yang memiliki kondisi sehat, gemuk, dan bentuk fisiknya bagus tentu saja akan dibanderol dengan harga yang tinggi. Inilah salah satu keutamaan pemilihan hewan qurban yang perlu untuk anda ketahui.

Selain ada syarat-syarat yang diutamakan anda juga harus tahu apa saja kriteria hewan qurban yang dimakruhkan dalam Islam. Hewan qurban yang dimakruhkan di antaranya adalah hewan dengan ekor yang putus, telinga yang memanjang atau melebar, gila, ompong, serta tidak memiliki tanduk atau tanduknya dalam kondisi patah.

Alangkah baiknya jika hewan qurban yang kita pilih adalah hewan terbaik dengan kualitas yang sempurna. Apalagi hewan qurban ini akan dijadikan bentuk rasa syukur dan cinta kita terhadap agama serta Allah. Jadi, pastikan untuk memilih hewan qurban dengan bentuk fisik terbaik agar anda juga bisa memberikan yang terbaik kepada Allah juga sesama.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar pemilihan hewan qurban. Itulah tadi beberapa syarat hewan qurban yang diutamakan serta hewan seperti apa yang dimakruhkan. Pastikan anda tidak salah pilih hewan qurban sehingga niat anda untuk berkurban menjadi lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *