Visi Sukanto Tanoto Untuk Bisnis di Indonesia Ditunjukkan di Royal Golden Eagle (RGE)

Deysot – Sebagai salah satu pebisnis sukses, visi Sukanto Tanoto mengenai bisnis yang memiliki peluang besar untuk sukses hingga ke mancanegara memang sangat bagus sekali dan patut diacungi jempol. Sukanto Tanoto tahu betul prospek industri di masa yang akan datang. Ada kaitannya dengan sektor kehutanan, Sukanto menilai Indonesia jadi salah satu negara yang memiliki peluang bisnis paling bagus. Walaupun pada dasarnya hingga saat ini ada banyak pebisnis lain yang beranggapan bahkan sektor kehutanan di Indonesia tak cukup penting dan tidak memiliki prospek baik di dunia bisnis. Padahal yang demikian tersebut tidaklah benar, asal kehutanan yang ada di negeri ini dikelola dengan sebaik mungkin, bukan tidak mungkin industri kehutanan di Indonesia akan berkembang pesat.

Sukanto Tanoto berharap agar pemerintah setempat lebih serius lagi dalam memperhatikan sektor kehutanan yang ada. Karena akan ada banyak sekali manfaat yang didapatkan jika dilakukan pengelolaan hutan yang baik. Apalagi jika melihat luasan hutan yang ada terbilang begitu besar sekali. Bahkan luasan hutan yang ada di Indonesia hampir mencapai separuh dari total wilayah.

Juga ada beberapa alasan lainnya mengenai peluang bisnis cukup besar di industri kehutanan Indonesia menurut Sukanto Tanoto. Ia menyoroti mengenai keunggulan yang dimiliki oleh negeri kita dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia berada tepat di garis khatulistiwa, bahkan iklim tropis yang bisa dinikmati sepanjang tahun berdampak bagus bagi pohon yang ditanaman di tanah Indonesia. Sukanto Tanoto memberi contoh kondisi industri kehutanan yang ada di negara lain, yakni Amerika Serikat. Yang mana di negara tersebut bisnis kehutanan dapat berkembang pesat. Padahal membutuhkan waktu hingga bertahun – tahun lamanya untuk bisa menumbuhkan pohon.

Yang demikian ini sudah pasti jadi keunggulan tersendiri bagi Indonesia. Karena di negara kita ini untuk bisa menumbuhkan pohon bisa jadi lebih cepat, yakni sekitar 5 – 10 tahun. So, bukan tidak mungkin industri kehutanan di Indonesia akan berkembang pesat dan pastinya juga bisa bersaing di luar negeri. Bahkan bukan tak mungkin pula jika suatu saat ini industri kehutanan di Indonesia jadi pemimpin di industri kehutanan dunia.

Oleh sebab itulah, pendiri Royal Golden Eagle ini meyakini betul bahwasannya industri kehutanan yang ada di Indonesia akan dapat berkembang dengan sangat baik. Makanya ia sangat berharap agar pemerintah setempat untuk mendukung penuh hal ini. Tetapi demikian, untuk wujudkan peluang yang bagus di bidang kehutanan tersebut jadi bisnis skala internasional yang nyata dibutuhkan kerja keras. Saran Sukanto Tanoto adalah pemerintah bersama para pelaku industri kehutanan bisa menekankan terhadap keberlanjutan untuk mendapatkan kesuksesan.

Tetapi demikian, apabila semuanya ditekankan khusus untuk lingkungan hidup, sudah pasti kita tidak akan bis berkembang dengan baik, bahkan jika semuanya dihabiskan, maka lingkungan akan rusak, sehingga harus ada keseimbangan yang baik di dalamnya. Anugerah alam yang cukup besar pastinya akan sangat sia – sia sekali apabila tidak digunakan dengan baik untuk mensejahterakan masyarakat.

Namun tetap harus ada batas – batas dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada tersebut. Jangan sampai penggunaannya justru berlebihan, sehingga bukannya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, melainkan kehancuran lingkungan. Pada saat alam mulai rusak, manusia pastinya yang juga akan terkena dampak negatifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *