Agar Prima Berkendara, Begini Caranya Merawat Mobil Rental

Deysot – Bisnis sewa mobil, kini telah berkembang sangat pesat, terutama di wilayah yang kerap dikunjungi wisatawan, salah satunya Yogyakarta. Sayangnya, untuk menjalankan bisnis ini, rupanya tidaklah mudah, sebab ada banyak hal yang perlu diperhatikan pemilik mengenai kesehatan mobil yang akan direntalkan.

Jika ada permasalahan pada mobil, tentu saja hal ini akan mempengaruhi kualitas pelayanan dan jasa rental yang sedang dijalankan. Siapapun pasti tidak ingin hal ini terjadi, apalagi sampai kehilangan pelanggan? Berikut, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mobil yang dijalankan oleh jasa Raditrans, agar kendaraan tetap prima digunakan.

Tips Merawat Mobil Rental Agar Tetap Prima

rental mobil jogja raditrans

Memeriksa Secara Rutin Eksterior Mobil

Hal pertama yang perlu pemilik perhatikan, adalah memastikan kondisi fisik luar mobil tetap terawat dengan baik. Dengan pengecekan rutin ini, maka pemilik jasa bisa dengan cepat mengatasi permasalahan jika ada bodi mobil yang rusak, penyok atau lecet. Hal ini pun, sebenarnya juga berguna untuk mengurangi adanya komplain dari penyewa saat mereka tidak puas dengan mobilnya.

Memperhatikan Kelengkapan Interior Mobil

Tidak hanya bagian luarnya saja yang harus tampak bagus, tetapi juga kondisi interior mobil pun harus bagus. Misalnya, pemilik perlu memastikan bahwa tuas kursi berfungsi dengan baik, tidak ada jog yang jebol dan rusaknya fasilitas pendukung mobil, seperti AC atau musik.

Melakukan Perawatan Rutin pada Mesin

Langkah selanjutnya untuk merawat mobil rental adalah memastikan kesehatan mesin agar tetap prima. Jadi, jangan hanya berpatok pada interior dan eksterior saja, tetapi mesin tidak diperhatikan. Jika penyewa mengendarai mobil, dan tiba-tiba mogok, tentu saja hal ini akan mempengaruhi penilaian mereka.

Oleh karena itu, menjaga performa mesin tetap baik, akan sangat disarankan. Jadi, penyewa bisa mereservasi mobil tersebut di lain waktu. Salah satu cara untuk menjaga kondisi tersebut, yakni dengan mengganti oli mesin secara berkala dan perlu diperhatikan bahwa pergantian oli untuk mobil rental, berbeda tempo dengan mobil pribadi biasa. Jadi, pemilih harus benar-benar memperhatikan.

Memeriksa Kondisi Ban Mobil

Setelah interior, eksterior dan mesin, langkah selanjutnya untuk merawat mobil rental agar tetap prima saat dikendarai penyewa adalah memastikan ban mobil memiliki tekanan udara yang pas dan sesuai standar agar tidak mudah rusak.

Selain itu, pemilik juga perlu menggantinya apabila ban mobilnya, sudah terlalu licin. Kemudian, pastikan untuk selalu meletakan ban cadangan di mobil yang direntalkan untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu pada ban tersebut selama disewakan.

Memperhatikan Kondisi Lampu

Setelah ban, perawatan mobil yang perlu dijaga selanjutnya adalah kondisi lampu. Jangan sampai lampu pada mobil dalam keadaan mati atau padam tiba-tiba saat dikendarai. Hal ini nanti akan membahayakan pengendara jika sedang melaju di malam hari.

Memeriksa Kerja Starter Mobil

Demi memudahkan penyewa rental mobil Jogja, maka pemilik rental tentu perlu menjaga starter mobil agar tetap enak digunakan. Jangan sampai starter ini justru merepotkan penyewa saat mereka sedang berkendara.

Jika diperlukan, pemilik rental perlu juga mengecek kondisi aki mobil dan komponen lain yang mempengaruhi kinerja starter tersebut. Jika salah satu komponennya dirasa buruk, maka sebaiknya cepat-cepat diganti atau diperbaiki.

Memeriksa Fitur Keamanan dan Keselamatan Mobil dalam Keadaan Baik

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa fitur keamanan dan keselamatan mobil terjaga dengan baik. Misalnya, sabuk pengaman, rem, anti lockbrakingsystem, dan fitur lain yang berguna untuk menjaga keselamatan penumpang selama berkendara. Fitur-fitur ini sangat penting, jadi tidak boleh dilewatkan oleh pemilik, maupun penyewa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *