Benjolan di Organ Vital Wanita, Mana yang Harus Diwaspadai?

Deysot – Munculnya benjolan pada beberapa bagian tubuh sering dikaitkan dengan munculnya kanker, namun ternyata benjolan tersebut juga bisa berarti gangguan lainnya. Lantas, apa saja jenis dan nama penyakit yang diawali dengan benjolan di payudara dan organ intim lainnya?

deysot-benjolan di payudara

Benjolan pada Vagina Kiri

Jika Anda merasakan banjolan kecil di sebelah kiri vagina, maka hal tersebut bisa jadi merupakan tanda dari penyakit kista batholin. Jika masih berukuran kecil dan tidak menimbulkan sakit atau nyeri yang berarti, maka hal tersebut jisa dibiarkan. Namun jika benjolan tersebut semakin membesar dan menyebkan gangguan, segera periksakan diri ke dokter.

Benjolan di dalam Vagina

Selain terdapat pada luar vagina, benjolan juga bisa muncul di dalam vagina. Salah satu gangguan yang mungkin muncul adalah kulit tumbuh di dalam vagina. Hal ini bisa terjadi akibat kegemukan, kehamilan, faktor keturunan, resistensi insulin, hingga infeksi virus HPV.

Sementara Fordyce spots merupakan suatu gangguan ketika bintik-bintik atau benjolan kecil muncul di dalam vagina. Benjolan kecil ini pada umumnya berukuran 1-5 mm dan berwarna putih kekuningan. Selain bisa muncul di dalam vagina, benjolan ini juga bisa muncul pada pipi, bagian tepi bibir, bahkan pada penis sekalipun.

Apabila mengalami bintil ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena benjolan ini bersifat lunak dan tidak berbahaya. Biasa terjadi ketika menjelang pubertas hingga dewasa. Meski begitu, jika bintil ini berkembang mnejadi semakin banyak, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan selanjutnya.

Jika benjolan-benjolan pada vagina masih dalam batas wajar dan tidak menimbulkan sakit berarti, maka Anda bisa melakukan perawatan sederhana di rumah. Mulai dari membasuhnya dengan airĀ  hangat atau berendam di bath-tub hingga membasuhnya dengan saun sirih sebagai anti-infektan alami yang bisa digunakan.

Benjolan di Payudara

Sementara itu pada payudara juga sering muncul benjolan yang terkadang menghawatirkan. Namun tidak semuanya perlu tindak medis lebih lanjut. Jika benjolan tersebut hanya berupa benjolan padat seperti buah yang tidak terasa sakit saat diipijat dan dapat bergeser, maka hal tersebut merupakan tumor jinak yang tidak perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi apabil benjolan tersebut terasa keras dan sakit saat ditekan, bahkan hingga sulit digerakkan setelah masa menstruasi berakhir, maka segera periksakan diri ke dokter. Apabila terjadi perubahan kontur dan ukuran payudara, atau bahkan hingga mengalami peradagan atau kulit tersa kasar dan bersisik, maka hal tersebut perlu diwaspadai.

Selain muncul benjolan di payudara, beberapa gangguan di atas juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh lain. Oleh karena itu, perkaya informasi mengenai kesehatan dengan membaca artikel yang disediakan oleh orami.co.id sebagai tindakan awal. Jika merasa terjadi hal yang berbahaya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosa yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *