Cara Memilih Stop Kontak yang Aman untuk di Rumah

Deysot – Di rumah salah satu kebutuhan dari alat listrik adalah stop kontak. Anda bisa membelinya di mana saja sesuai dengan kebutuhan dan kualitasnya. Jangan sampai salah pilih karena akan berisiko pada pemakaian listrik di rumah. Ini cara memilih produk yang aman untuk di rumah.

stop kontak

1. Tidak Mudah Dilepas

Pilihlah alat yang tidak mudah lepas saat dipegang oleh anak-anak. Jangan tergiur dengan harga murah yang biasanya memiliki bagian sambungannya longgar. Saat membelinya periksa terlebih dahulu kesesuaian lubang sakelar dengan pengamannya sebelum Anda membeli.

2. Pengaman Tidak Mudah Tertelan

Pilihlah produk yang bagian pengamannya tidak mudah tertelan, ini terkhusus sekali untuk Anda yang memiliki anak kecil. Produk seperti ini akan melindungi anak ketika memegangnya dan ukurannya tidak mudah tertelan oleh anak nantinya,

3. Pilih Bentuk yang Sesuai

Ketika Anda akan membeli stop kontak untuk digunakan di rumah perhatikanlah bentuk produk yang akan dipilih. Pastikan bentuknya memiliki pengaman yang dapat dipasang dengan mudah dan aman di dinding rumah Anda. perhatikan bagian pengamannya apa kah Anda akan memilih dengan bentuk ditempel menggunakan sekrup atau pilihan menggunakan isolasi.

Kekurangannya jika memilih pengaman tipe sekrup pada produk maka berisiko jika posisi sekrupnya berbeda dengan sekrup panel di rumah. Jadi sebaiknya periksa terlebih dahulu sekrup panel di rumah sebelum membelinya. Produk yang tipe perekat lebih direkomendasikan karena lebih mudah digunakan hanya saja Anda harus memilih produk yang daya rekatnya kuat.

4. Bahan Plat Penjepit

Cara selanjutnya adalah memperhatikan bahan plat penjepit yang digunakan pastikan memilih bahan dari kuningan. Jangan langsung percaya dengan keterangan di kemasan bahwa bahannya kuningan. Anda harus memastikannya dengan membuka penutup produk stop kontak.

Bahan kuningan lebih bagus karena bahan pengantar listrik yang baik. Lebih baik jika Anda membelinya di toko jual alat listrik karena kualitas lebih terpercaya. jika membeli di pasaran biasanya bahan penjepit yang digunakan adalah besi atau seng. Bahan besi dan seng mudah panas, berkarat, dan melengkung.

5. Bodi Penutup

Perhatikan bodi penutupnya saat Anda membeli karena memiliki manfaat penting untuk mencegah listrik mengalir ke tempat area lainnya. Carilah bodinya yang menggunakan bahan isolasi agar tidak dapat menghantarkan listrik. Bahan yang bagus dapat dilihat dari kelenturan dan ketebalannya yang bisa Anda rasakan.

6. Plat Penahan dan Penjepit

Perhatikan juga bagian plat penahan yang memiliki fungsi untuk penghubung steker ke kabel arde. Pastikan bahan yang digunakan adalah kuningan yang saat ditekan dan dilepaskan dapat kembali ke posisi semula. Selain itu lihat juga kekuatan plat penjepitnya dengan memasukkan steker ke dalam lubang stop kontak.

Anda akan tahu kualitasnya jika sulit untuk dicabut karena menandakan produk tersebut memiliki cengkraman yang kuat untuk menahan stekernya. Lakukan beberapa kali untuk memastikan kualitasnya memang terjamin bagus.

7. Berstandar SNI

Sebagus apa pun yang dikatakan oleh penjual Anda tetap harus memilih produk yang sudah berstandar SNI. Standar ini menjadi jaminan bahwa produk sudah lulus uji dan kualitasnya memang diakui. Anda bisa melihatnya di bagian kemasan atau mencari tahu dari merek produk tersebut.

Apa pun jenis barang listrik yang dibeli harus memiliki produk yang berkualitas dan terjamin. Terlebih untuk stop kontak yang akan sering digunakan. Anda sebaiknya memilih toko yang sudah terpercaya untuk melakukan pembelian. Lakukan dengan hati-hati dan terapkan cara untuk memilih di atas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *