Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Deysot – Jika dokter gigi menyarankan Anda untuk mencabut gigi, maka Anda tidak perlu panik. Ketika gigi bandel tersebut sudah mulai mengganggu kesehatan mulut Anda, mematuhi apa kata dokter bisa jadi keputusan terbaik yang Anda ambil selama ini. Cabut gigi adalah tindakan untuk mencabut gigi dari gusi. Tindakan cabut gigi biasanya dilakukan pada gigi yang bermasalah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Tindakan cabut gigi biasanya dilakukan oleh dokter gigi, dengan terlebih dahulu dilakukan pembiusan pada pasien, biasanya bius lokal. Jika gigi tidak terhalang gusi, pencabutan bisa dilakukan tanpa melalui pembedahan. Sedangkan bila mahkota gigi tidak terlihat akibat patah atau tumbuh miring menekan gigi di sebelahnya (impaksi), dibutuhkan tindakan operasi cabut gigi (odontektomi).

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakitnya bisa pulih beberapa hari setelah cabut gigi. Tapi Anda tetap perlu bermain aman dan mengikuti semua petunjuk perawatan setelah cabut gigi agar dapat sembuh total dan mencegah komplikasi. Inilah hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan pasca pencabutan gigi:

pencabutan gigi

  • Gigit kapas yang ditempelkan di gusi tempat gigi yang dicabut, untuk menghentikan perdarahan dan membantu terbentuknya bekuan darah. Tetap tempelkan kapas selama 3-4 jam.
  • Untuk membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak, tempelkan kompres dingin atau es di sisi pipi yang sakit selama 10-20 menit. Letakkan kain tipis di antara kompres dan kulit Anda.
  • Minum obat penghilang rasa sakit, misalnya ibuprofen, paracetamol atau obat kombinasi yang mengandung codeine. Lebih baik lagi jika diminum segera setelah cabut gigi, jangan tunggu sampai rasa sakitnya muncul. Tetapi hindari aspirin. Jika Anda sudah diresepkan antibiotik, pastikan Anda habiskan seluruh dosisnya sesuai petunjuk.
  • Jangan menggunakan sisi mulut yang sakit untuk mengunyah makanan.
  • Hindari berkumur selama 24 jam pertama. Setelah 24 jam, berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam.
  • Hindari merokok dalam 24 jam setelah cabut gigi, dan kalau bisa teruskan dalam beberapa hari ke depan. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah yang merisikokan perdarahan, sehingga memperlambat proses pemulihan. Gerakan mengisap rokok juga bisa mengempiskan gumpalan darah.

Lubang bekas pencabutan gigi umumnya akan sembuh dalam 1-2 minggu. Namun, butuh waktu lebih lama lagi bagi tulang dan jaringan di sekitar gigi untuk sembuh. Segera hubungi dokter gigi jika terjadi demam, keluar nanah dari lubang tempat gigi dicabut, dan nyeri hingga beberapa jam setelah gigi dicabut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *