Ingin Mengambil Bunga Deposito? Ini Prosedurnya

Deysot – Memiliki deposito adalah salah satu cara untuk membangun keamanan finansial di masa depan. Siapa yang bisa tahu jika Anda akan dipecat dari perusahaan atau istri butuh biaya untuk operasi caesar? Jadi, jika punya 10 juta rupiah, bukalah deposito dan bunga deposito akan dinikmati tiap 3, 6, atau 12 bulan. Ini cara mengambilnya.

bunga deposito

1. Membawa Dokumen

Sebelum berangkat ke Bank, pastikan Anda membawa dokumen lengkap. Dokumen yang diperlukan untuk mengambil bunga dari deposito adalah KTP, buku tabungan, dan bilyet asli. Jika ada salah satu yang kurang, maka proses pencairan bunga akan ditolak. Bawalah buku tabungan yang paling baru, jangan bawa yang lama dan kondisinya sudah rusak.

Selain buku tabungan, KTP juga wajib diperiksa. Apakah Anda membawa KTP asli atau fotokopinya saja? Bawa juga KTP yang masih berlaku. Jika masa aktifnya habis, maka perpanjanglah terlebih dahulu, baru mencairkan bunga. Hal ini dilakukan agar proses pencairan cepat selesai, karena dokumen yang dibawa sudah lengkap.

2. Mengisi Formulir

Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan pencairan bunga dari deposito di Bank. Di formulir itu, akan ada kolom yang harus diisi, seperti nama, nomor deposito, besarnya bunga, dan mata uang. Isilah formulir dengan lengkap, agar proses pencairan semakin cepat. Jika Anda mencairkan bunga sebelum waktunya, maka isilah juga kolom besarnya penalti.

Jika Anda mencairkan bunga deposito setelah sebulan, padahal tenornya 6 bulan, maka akan ada potongan bunga alias penalti. Biasanya penalti itu dikenakan 0,5% dari suku bunga. Saat terdesak, jangan cepat-cepat mengambil bunga deposito. Uang di dalam deposito gunanya untuk investasi, jangan sedikit-sedikit diambil, karena Anda tak bisa merasakan keuntungannya.

Anda punya deposito dalam mata uang asing? Isilah kolom nilai tukar pada formulir pengambilan bunga deposito. Cairkan bunga saat nilai tukar mata uangnya paling tinggi. Untuk mengetahuinya, ikutilah berita perkembangan valuta asing di koran dan internet. Nilai tukar mata uang asing yang berlaku adalah yang tertera pada kantor bank.

3. Menunggu

Setelah formulir diisi lengkap, maka yang Anda lakukan hanya menunggu cairnya bunga. Uang itu tidak cair lalu bisa Anda bawa dalam bentuk tunai, tapi ditransfer ke rekening DBS Anda. Bunga dari deposito juga bisa ditransfer ke rekening Bank lain. Untuk memantau bahwa bunga dari deposito sudah cair atau belum, periksalah melalui akun internet banking atau m-banking

Uang dari pencairan bunga itu nilainya 3% hingga 7,5% dari besarnya uang pokok yang dimasukkan ke deposito, tergantung dari masa penyimpanannya. Saat dicairkan, maka akan ada pemotongan besarnya uang oleh pajak. Jangan khawatir, hasil uang dari bunga itu masih besar dan bisa Anda rasakan manfaatnya, walau dipotong oleh pajak.

Jika anda belum memerlukan uang dari hasil pencairan deposito, maka uang itu bisa dimasukkan lagi ke akun deposito Anda. Sebagai deposan, Anda akan mendapat keuntungan lagi, karena nilai suku bunganya akan lebih tinggi. Anda juga bisa memperpanjang masa penyimpanan uang di deposito, hubungi customer service untuk mendapat keterangan dengan jelas.

4. Mengambil di Kantor Cabang Lain

Anda ingin mencairkan bunga dari deposito di kantor cabang Bank yang lain? Sebaiknya, ambillah bunga di kantor cabang Bank tempat Anda membuka rekening dan deposito, karena data yang ada sudah tersedia, dan pengecekannya lebih cepat. Jika sangat terpaksa, Anda bisa mencairkan bunga dari deposito di kantor cabang Bank yang lain.

Proses pencairannya mirip dengan saat Anda mengambil bunga di Bank tempat Anda membuka rekening. Bedanya, Anda harus menunggu lebih lama, karena pihak Bank mengirimkan surat rekomendasi ke Bank tempat Anda membuka rekening, lalu menunggu penyetujuan dari Bank. Mampukah Anda menunggu lagi? Jadi, ambil bunga di Bank tempat Anda membuka rekening.

Saat mencairkan bunga deposito, datanglah ke Bank tempat Anda membuka rekening, karena proses pencairannya akan lebih cepat. Sebelum berangkat ke Bank, pastikan Anda membawa dokumen yang lengkap, seperti KTP asli, bilyet, dan buku tabungan. Isilah formulir pencairan bunga dari deposito dengan lengkap, lalu tunggu hingga uangnya ditransfer ke rekening Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *