Ini Dia 2 Jenis Printer yang Bisa Digunakan untuk Mencetak Dokumen

Deysot – Printer merupakan salah satu perangkat keras (hardware) yang saat ini digunakan oleh banyak orang, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan kantor. Secara umum, printer merupakan alat pencetak yang ditemukan pada tahun 80-an silam. Di mana, printer zaman dulu dibuat dengan desain yang terbilang cukup sederhana dan hanya mampu mencetak sedikit dokumen serta memakan waktu lama.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, printer pun kini bisa mencetak dokumen dalam jumlah banyak dengan waktu yang sangat singkat. Bahkan, printer tersebut bisa mencetak dokumen dengan gambar dan juga warna yang sangat tajam dan bagus. Selain itu, jenisnya pun semakin beragam ada yang daya kerjanya sederhana, ada yang multifungsi, ada yang dikhususkan untuk bekerja super cepat, dan masih banyak lagi. Berikut kami paparkan dua jenis printer yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen, check it out:

jenis printer

Printer Inkjet

Printer Inkjet merupakan salah satu jenis printer yang paling banyak beredar di pasaran. Ciri khas dari printer ini adalah memanfaatkan tinta sebagai cairan untuk pencetak dokumen. Tidak jauh berbeda dengan printer lainnya, printer jenis ini juga memiliki banyak jenis seperti printer multifungsi yang bisa digunakan untuk men-duplex, men-scan, memfotokopi, hingga mencetak dokumen dalam satu perangkat. Printer satu ini cocok dimanfaatkan untuk kebutuhan rumahan.

Printer Laser

Berbeda dengan Printer Inkjet, printer Laser umumnya sering digunakan di perkantoran. Printer jenis ini mampu mencetak dokumen dalam jumlah banyak secara cepat, akurat, dan berkualitas. Selain itu, printer ini juga dapat menghasilkan cetakan dokumen atau gambar yang lebih tajam daripada Printer Inkjet, hasil print-out dari printer ini pun tidak kotor bahkan basah.

Secara singkat, kedua jenis printer tersebut memiliki fungsi sama, di mana sama-sama digunakan untuk mencetak dokumen. Hanya saja, jika dilihat dari kemampuan, pengoprasian, dan cara perawatannya tentu berbeda karena itulah untuk Anda yang berencana ingin membeli sebuah printer maka disarankan membeli yang memang sesuai kebutuhan. Misalnya saja, jika Anda hanya memerlukan printer untuk pekerjaan rumahan, maka Printer Inkjet bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan, jika dipakai untuk kebutuhan kantoran maka Printer Laser lebih cocok karena daya kerjanya lebih baik dalam segala aspek.

Itu dia dua jenis printer yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen. So, tertarikkah Anda membeli printer di atas? Jika ya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers. Di sini, tersedia banyak sekali jenis printer yang bisa Anda pilih, termasuk Printer Laser dan Printer Inkjet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *