Kapan Oli Mesin Motor Matic Harus Diganti?

Deysot – Berbicara tentang kendaraan pribadi, sekarang ini sepeda motor matic banyak bermunculan dan menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya mudah didapatkan, mengendarai motor juga memudahkan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun motor ini memiliki perawatan yang benar-benar harus diperhatikan, salah satunya adalah oli mesin motor matic itu sendiri.

Selain oli matic, oli mesin juga harus diperhatikan karena apabila terjadi kerusakan komponen motor, maka Anda harus mengeluarkan dana perbaikan yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, oli-oli pada motor ini juga berguna untuk menjaga pergerakan transmisi agar semakin handal hari ke harinya. Yuk, simak ulasannya lebih banyak dibawah ini!

oli mesin motor matic

Fungsi Oli Mesin pada Motor Matic

Seperti yang sudah dibahas di atas, keberadaan sepeda motor bagi masyarakat Indonesia memang bisa dianggap sebagai kendaraan utama. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar 15 juta rupiah untuk satu unit sepeda motor jenis matic di Indonesia. Jika Anda tidak bisa membelinya dengan tunai, ada banyak jasa pembiayaan kredit yang dapat membantu Anda. Tapi, mudahnya mendapat motor tersebut harus seimbang dengan wawasan otomotifnya.

Salah satu hal yang harus diketahui adalah perawatan oli mesin motor matic. Agar tidak cepat rusak, Anda harus merawat kendaraan Anda agar tidak tercebur ke dalam kerusakan yang parah dengan biaya perawatan selangit. Harus Anda ketahui, ada beberapa info terkait perawatan oli pada mesin motor, salah satunya adalah dua jenis oli yang digunakan.

Oli yang pertama, oli mesin, merupakan jenis oli yang berguna untuk melumasi mesin-mesin pada kendaraan Anda. Oli ini bertugas menjaga komponen mesin untuk bergesekan dengan sempurna sehingga kala mesin dihidupkan, kendaraan Anda dapat berjalan dengan lancar. Kala motor menyala, oli mesin ini akan mensirkulasi diri ke berbagai elemen dalam kendaraan sehingga geraknya halus.

Tidak hanya sebagai pelumas mesin dan menjaga gesekan elemen kendaraan Anda, oli ini juga berguna untuk mencegah adanya karat pada mesin kendaraan. Caranya tentu saja dengan oli yang bersirkulasi ke mesin, maka oli akan menutupi bagian metalnya sehingga oksidasi gagal terjadi disana. Anda sudah mengerti betapa pentingnya oli satu ini, bukan?

Lain dengan oli mesin, oli matic kendaraan Anda berfungsi untuk menjaga transmisi. Kendaraan seperti matic memiliki transmisi otomatis sehingga perlu juga dilindungi komponen-komponennya. Sama dengan komponen mesin, komponen ini jika tidak dilumasi oleh oli yang bagus, maka akan menyebabkan kerusakan. Contohnya saja gas sangat berat ditarik dan timbul suara kasar dari kotak CVT motor matic Anda.

Jadi bisa dibilang jika kedua jenis oli ini, baik oli mesin atau transmisi, memiliki fungsi yang krusial untuk keawetan kendaraan. Nah, apakah Anda juga sudah mengerti bedanya? Jika iya, maka kita akan berlanjut ke pembahasan tentang kapan oli mesin wajib diganti.

Kapan Oli Mesin Motor Matic Harus Diganti?

Jika Anda bertanya tentang kapan oli mesin harus diganti, maka jawabannya adalah beberapa waktu sekali secara berkala. Anda bisa mengambil contoh penggantian oli mesin sekitar 2 bulan sekali, setiap 2000 km sekali, atau setiap beberapa saat sesuai perhitungan Anda masing-masing. Yang jelas, Anda harus menggantinya dan jangan dibiarkan.

Pasalnya, oli mesin yang tidak diganti akan menyebabkan komponen mesin menjadi overheat, rusak, dan memerlukan penggantian. Oleh sebab itu, jangan tunggu gas motor menjadi berat baru menggantinya. Gantilah secara berkala agar kendaraan Anda terjaga.

Demikian ulasan tentang oli mesin motor matic. Semoga ulasannya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *