Menu MPASI Bayi Di Usia 6 Bulan

Deysot – Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat bayi menginjak usia 6 bulan dia tentunya sudah bisa mengkonsumsi makanan selain air susu, makan yang mereka konsumsi ini sering disebut mpasi yaitu berupa makanan yang di komsumsi sebagai pendamping ASI. Dalam membuat menu MPASI bayi ini tentunya kamu tidak boleh sembarangan ya. Bayi ini bisa mengkonsumsi makanan sebagai pendamping asi ini di mulai pada usia 6 bulan, hal tersebut dikarenakan bayi ini pada usia tersebut sudah mulai bisa memahami benda apapun yang masuk ke dalam mulut mereka, kemudian di usia 6 bulan ini organ pencernaan yang ada di dalam tubuh bayi sudah mulai berkembang dan siap memerima makanan lain selain ASI.

Jika kamu masih kebingungan kira-kira menu MPASI bayi apa yang cocok untuk bayi yang baru berusia 6 bulan, ini dia beberapa rekomendasi menu MPASI yang bisa kamu berikan untuk si buah hati:

menu mpasi bayi

Puree pisang dan alpukat

Menu makanan yang pertama ada puree pisang dan alpukat,untuk membuat menu ini bahan yang kamu perlukan adalah satu buah pisang, setengah buah alpukat, dan ASI atau susu formula secukupnya. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu kamu hanya perlu cuci bersih pisang dan alpukat, kemudian kupas pisang dan alpukat yang sudah kamu cuci tadi dan keruk bagian dalam alpukat hingga habis, jangan lupa kamu pastikan yang diambil hanya daging buahnya saja ya. Setelah semua bahan siap kemudian kamu blender masing-masing buah tadi dan aduk hingga tercampur rata.

Puree jagung manis dan bayam

Menu makanan yang kedua ada puree Jagung manis dan bayam,untuk membuat menu ini bahan yang kamu perlukan adalah satu satu buah jagung manis yang memiliki ukuran sedang, 15 lembar daun bayam, dan 5 sdm air matang. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu kamu hanya perlu cuci bersih jagung manis dan bayam, setelah di cuci kamu rebus dulu jagus manis sampai empuk kemudian serut hingga habis. Selanjutnya kamu rebus bayam dengan api yang kecil selama 10 menit. Setelah semua bahann di rebus kemudian kamu campurkan bayam danĀ  jagung lalu masukan 5 sdm air matang kemudian blender sampai halus. Setelah semua bahan di blender menjadi halus selanjutnya saring lagi makanan hingga benar-benar halus supaya tidan ada serat kasar yang tersisa.

Puree nasi kentang dan wortel

Menu makanan yang ketiga ada puree nasi kentang dan wortel,untuk membuat menu ini bahan yang kamu perlukan adalah 5 sdm nasi putih, 1 batang daun seledri, 1 buah wortel ukuran kecil, 1 buah kentang ukuran kecil, dan ASI atau susu formula. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu kamu hanya perlu cuci bersih seledri, kentang, dan wortel. Kemudian masak nasi putih hingga menjadi bubur dan tambahkan daun seledri. Jangan lupa untuk kukus wortel dan kentang hingga empuk. Setelah semua bahan matang blender semua bahan kemudian saring supaya hasilnya halus dan campur semua bahan dengan susu formula atau ASI secukupnya ya dan makanan ini pun siap untuk disajikan.

Nah itu dia 3 makanan yang bisa kamu berikan untuk buah hati kamu sebagai makanan pendamping asi atau biasa di sebut MPASI. Semoga informasi menu MPASI bayi 6 bulan ini bisa sangat berguna untuk kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *