Perlukah Second Opinion Sebelum Operasi Total Knee Replacement?

Deysot – Ketika lutut susah digerakkan, maka Anda memeriksakannya ke dokter ortopedi. Ia merontgen lutut Anda dan memastikan Anda harus menjalani operasi penggantian lutut, karena kerusakannya parah. Apa Anda takut dioperasi atau mengkhawatirkan biaya operasi tkr yang mahal? Coba cari second opinion atau opini kedua dari dokter lain. Ini penjelasan lengkapnya.

total knee replacement

Ada 2 jenis operasi penggantian lutut, yaitu penggantian total (total knee replacement) dan penggantian sebagian. Jika kerusakan pada lutut tidak terlalu parah, maka biasanya dilakukan operasi untuk mengganti sebagian lutut. Ketika lutut cedera dan tidak bisa dibetulkan dengan pijat, maka harus diganti dengan lutut protetis yang terbuat dari logam yang anti karat dan awet.

Saat Anda takut akan dioperasi, carilah dokter ortopedi di rumah sakit lain, siapa tahu ia punya solusi selain operasi. Di Rumah Sakit tempat ia praktek, bisa jadi alat rontgen-nya lebih canggih, sehingga kondisi lutut Anda akan terlihat jelas. Setelah melihat foto rontgen, dokter kedua akan memutuskan apakah Anda harus melakukan operasi total knee replacement atau tidak.

Dokter kedua bisa memiliki pertimbangan lain untuk lutut Anda. Jika kerusakan lutut tidak terlalu parah, maka bisa diobati dengan cara terapi fisik atau dioperasi sebagian saja. Jika dokter pertama hanya melihat sekilas hasil foto rontgen dan langsung memutuskan Anda harus operasi total knee replacement, cari dokter kedua sebagai pembanding dan diajak konsultasi.

Sebelum mencari dokter kedua untuk second opinion, selidiki latar belakangnya, apalagi jika ia masih tergolong junior. Mengapa harus diselidiki? Ada beberapa kasus dimana pasien ditangani oleh orang yang mengaku sebagai dokter, padahal tidak punya surat tanda registrasi dokter. Jika dokternya masih junior, lihat ia dulu kuliah di mana, cari testimoninya agar Anda lebih yakin.

Jika Anda belum puas, maka carilah pendapat dari dokter ketiga. Ia akan memeriksa riwayat kesehatan Anda dan menyelidiki, apakah Anda benar-benar butuh dioperasi atau tidak. Jika Anda harus dioperasi, maka ia akan melakukannya dan dibantu oleh dokter dan perawat lain yang profesional. Katakan dengan jujur tentang kesehatan Anda dan obat yang dikonsumsi.

Jangan terlalu banyak mencari pendapat dari berbagai dokter. Selain biayanya mahal, Anda bingung karena menerima terlalu banyak saran. Anda cukup berkonsultasi dengan maksimal 3 dokter. Percaya pada kemampuannya dan berdoa semoga operasinya lancar, jika Anda  harus menjalankan operasi penggantian lutut. Lutut diganti dengan lutut protetis berbahan logam.

Sebelum memutuskan untuk operasi penggantian lutut, ceritakan dengan jelas tentang riwayat kesehatan pada dokter ortopedi.Anda boleh saja mencari opini kedua bahkan ketiga, jika takut dengan biaya operasi tkr dan juga resiko setelahnya. Jangan takut untuk dioperasi, karena dokter sudah mempertimbangkannya dengan matang. Semoga lutut Anda tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *