RS Sumber Waras: Cara Menjaga Kesehatan Makanan Agar Tetap Sehat

Deysot – Kesehatan adalah yang paling utama dibandingkan yang lain, jika seseorang mengalami gangguan kesehatan maka akan mengganggu berbagai kegiatan yang ada. Bahkan jika banyak sekali yang tidak memperhatikan kesehatan maka akan mengalami hal yang tidak diinginkan. Perkembangan zaman saat ini membuat kesehatan semakin menurun dikarenakan makanan yang tidak sehat lebih banyak disukai dibanding makanan sehat. Hal inilah yang membuat makanan sehat harus berperang melawan makanan yang tidak sehat diluar sana. RS Sumber Waras memberikan pengelolaan makanan yang baik untuk para pasien sehingga kondisi menjadi lebih sehat.

rs sumber waras

Berikut adalah beberapa olahan makanan sehat untuk jiwa yang sehat diantaranya:

  • Mengukus, membuat rasa dan kandungan gizi tidak berkurang dan berbagai sayuran dan daging dapat dikukus.
  • Merebus, dengan menggunakan air dan garam serta menambahkan sayur atau daging yang ingin direbus sehingga akan membuat gizinya tetap dan cepat dalam membuatnya matang.
  • Membakar atau panggang, dengan memasukkan makanan dalam api atau dalam wadah yang panas dan biasanya digunakan untuk mematangkan daging.
  • Air fryer, biasanya menggoreng tanpa minyak sehingga hanya menggunakan hawa panas untuk mematangkan bahan makanan.
  • Menumis, menggunakan sedikit minyak dan air dan dapat memasak berbagai makanan yang diinginkan.
  • Mircowave, dengan memanfaatkan gelombang mikro untuk membuat makanan sehat dan hemat.

Beberapa cara diatas perlu dilakukan untuk membuat makanan sehat dan bebas dari berbagai kalori dan lemak jahat. Dengan membuat makanan tetap dalam gizi yang pas akan membuat kesehatan terus meningkat dan stabil. Untuk hidup sehat maka perlu juga menghindari berbagai fast food atau junk food dan makanan pinggiran jalan. Makanan tersebut biasanya sudah lama dan terus menerus dipanaskan sehingga mengurangi kandungan gizi didalamnya.

RS Sumber Waras menyarankan untuk tidak memakan buah saat makan dan setelah makan, melainkan mengonsumsi buah segar sebelum makan dalam jangka waktu 30-60 menit dan 3 jam setelah makan. Sebaiknya tidak mengonsumsi protein hewani dan zat tepung yang dimakan bersamaan akan menetralisir efektifitas masing-masing dan membuat perut menjadi kembung. Begitu juga dengan lemak dan makanan yang tidak tepat akan membuat api terlalu besar dan tidak baik bagi kesehatan dan sebaiknya menambahkan sayuran dan lemak protein lainnya. Selain itu, menghindari minuman jenis apapun dan makanan berat akan membuat enzim lemah untuk mencerna protein, karbohidrat dan juga lemak.

Berikut adalah makanan untuk kesehatan tubuh:

  • Apel memiliki kandungan Vitamin C, plavanoid dan quecertin yang dapat memerangi penyakit kolesterol dan penyakit kanker.
  • Kacang almond dengan vitamin E, zat besi, protein dan dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk manfaat yang lebih baik.
  • Blueberry dengan vitamin C dan atioksidan sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih segar.
  • Bayam dengan magnesium, vitamin A dan C, serta zat besi untuk kesehatan rambut.
  • Kacang merah dengan kandungan vitamin dan mineral, serta protein, fosfor, magnesium untuk tubuh.
  • Brokoli dengan kandungan kalsium, vitamin A dan C, potassium yang dimasak tanpa keju atau saus.

RS Sumber Waras juga merekomendasikan untuk mengonsumsi salmon dengan kandungan omega 3, asam amonio akan melawan penyakit yang menyerang tubuh. Begitu juga dengan tuna dengan kandungan rendah kalori dan merupakan ikan tanpa lemak sehingga akan membantu untuk menurunkan lemak dan tetap menjaga asupan protein. Makanan lain yang sehat untuk tubuh adalah alpukat, pisang, strawberry, tomat, oatmeal, telur dan juga yoghurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *