Tekanan Darah Normal untuk Dewasa dan Cara Membacanya

Desyot-Kesehatan seseorang bisa diketahui dari indikator tekanan darahnya. Berbagai penyakit yang menyerang tubuh manusia akan beresiko lebih sedikit apabila memiliki tekanan darah normal dewasa. Menurunkan tekanan darah bisa dilakukan meski sedikit sulit apabila sudah terlanjur tinggi.

Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan sebelum terjadi hipertensi yang mengharuskan Anda untuk seumur hidup mengkonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi. Anda juga harus menjaga tekanan darah tetap normal, karena bila hipertensi atau hipotensi kambuh menjadi kurang sehat dan bugar. Jadi, rutin-rutinlah mengecek tekanan darah apakah tetap normal, tinggi ataupun rendah.

tekanan darah normal dewasa

Bagaimana Cara Membaca Tekanan Darah yang Benar?

Terlebih dahulu pahami cara membaca tekanan darah sebelum mengerti untuk orang dewasa normal tekanan darahnya berapa. Tekanan darah bawah (sistolik) dan tekanan darah atas(diastolik) merupakan dua angka yang menunjukkan tekanan darah manusia dan keduanya dinyatakan dalam satuan mmHg (milimeter air raksa).

Saat darah dipompa menuju seluruh tubuh oleh jantung maka tekanan ini akan ditunjukkan oleh tekanan darah atas (sistolik). Sedangkan tekanan darah bawah (diastolik) menunjukkan tekanan saat istirahatnya jantung. Secara satu kesatuan merupakan cara membaca kedua tekanan ini, misalnya 120/80 mmHg merupakan gabungan dari tekanan sistolik 120 mmHg dan 80 mmHg yaitu tekanan diastolik.

Tekanan Darah untuk Dewasa pada Umumnya

Mulai dari 95/60 mmHg sampai 135 mmHg merupakan batasan normal tekanan darah bagi orang dewasa. Jaga tekanan darah Anda tetap normal pada kisaran tersebut tidak boleh lebih ataupun kurang. Jika tekanan darah melebihi standar normal yang ditentukan maka bisa dibilang Anda terkena hipertensi, namun apabila tekanan darah malah berada di bawah kisaran normal dewasa maka bisa dibilang terkena hipotensi. Cegah penyakit hipertensi ataupun hipotensi dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Resiko Hipotensi dan Hipertensi

Hipotensi merupakan penyakit tekanan darah rendah dimana tekanan darah manusia yang seharusnya normal pada kisaran 95/60 mmHg sampai 135/80 mmHg namun malah berada di bawah kisaran tersebut. Resiko penyakit ini bisa menyebabkan tidak sadarkan diri, mudah lesu hingga pingsan dan beresiko terluka.

Sedangkan hipertensi adalah merupakan kebalikan dari hipotensi dimana tekanan darah manusia yang seharusnya ada pada kisaran normal namun malah berada di atas kisaran yang telah ditetapkan. Resiko penyakit ini dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, gagal ginjal dan masih banyak lagi.

Investasikan Waktu untuk Kesehatan Tubuh Anda

Gaya hidup sehat atau pola hidup sehat yang selalu diterapkan setiap hari merupakan bentuk investasi terhadap kesehatan Anda. Dengan pola hidup sehat, Anda bisa menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehingga resiko terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi atau rendah bisa terhindarkan.

Selain berinvestasi dalam bentuk pola sehat, Anda juga perlu membuat rencana cadangan berupa memakai layanan asuransi kesehatan seperti Super You. Dengan menginvestasikan uang pada asuransi tersebut, Anda telah membuat rencana cadangan dimana akan sangat dibutuhkan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *