Tips Menghemat Pengeluaran Daya Listrik bagi Pabrik dan Industri

Deysot – Kegiatan industri pabrik tentu saja membutuhkan konsumsi listrik yang besar, sehingga daya listrik juga ikut tinggi. Dengan demikian tagihan listrik tiap periode juga dapat diprediksi jumlah besarannya. Sebenarnya sebuah pabrik dapat menghemat pengeluaran listrik tiap periodenya, sebagai salah satu solusi listrik untuk industri.

Lantas apa saja tips hemat itu? Simak ulasannya berikut ini.

hemat listrik industri

1. Melakukan Optimasi Penggunaan pada Waktu Beban Puncak (WBP)

Solusi hemat ini dimulai dengan pengaturan pemakaian daya pada saat Waktu Beban Puncak sedang berlangsung yakni pada pukul 18.00-22.00. Matikan atau kurangi segala bentuk penerangan dan mesin yang tidak digunakan pada pukul 18.00-19.00, sehingga bisa mengurangi tarif pada saat beban puncak sedang terjadi.

2. Listrik Sistem Paket

Melalui sistem paket maka semua tarif akan sama dan normal, yakni tidak terpengaruhi oleh Waktu Beban Puncak. Sehingga perusahaan harus membayar sejumlah nilai sesuai paket yang digunakan. Maka pihak perusahaan juga dapat mempertimbangkan penggunaan listrik sistem paket ini untuk jangka panjang.

3. Melakukan Perawatan Pada Instalasi

Dipastikan debu yang menempel pada setiap instalasi di pabrik dapat memberikan sikap hantaran listrik, ditambah dengan cuaca yang berbeda secara tidak langsung dapat memicu terjadinya pemborosan listrik. Sehingga perawatan secara berkala dapat mengontrol pemborosan yang terjadi tanpa terdeteksi sama sekali.

4. Gunakan Revolusi Penerangan Hemat Listrik

Lampu penerangan menjadi salah satu sumber listrik yang besar, sehingga apabila penerangan tidak lagi digunakan dan terlambat untuk dimatikan. Maka dipastikan daya menjadi tinggi.  Dengan demikian gunakan penerangan di pabrik  menggunakan penerangan yang otomatis, dimana akan menyala di saat malam dan lampu mati saat keadaan mulai terang. Teknologi ini dinamakan LDR (Light Dependent Resistor).

Demikian penjelasan tentang solusi listrik yang bisa diterapkan di industri pabrik. Kemudian apabila daya listrik terputus sementara maka segera beralih menggunakan generator set atau genset.

Sewatama menghadirkan solusi untuk penyewaan genset bagi perusahaan skala besar maupun kecil, menggunakan berbagai jenis genset sesuai kebutuhan dan lokasi. Memiliki kualitas terbaik dan diawasi oleh para Engineering profesional. Pilih http://sewatama.com/id/product/consultancy/ sebagai solusi listrik di pabrik dan produksi tetap berjalan seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *